29 Agustus 2010

Kriteria Virus

Sebuah program computer dikatakan sebagai virus apabila memenuhi criteria sebagai berikut :

1. Kemampuan untuk mendapatkan sebuah informasi

Salah satu kemampuan virus itu adalah bisa mencuri informasi dari computer yang telah diinfeksinya. Contoh informasi yang sering dicuri tersebut adalah file file rahasia yang bernilai materiil, username atau password.

2. Kemampuan untuk menginfeksi suatu program

Criteria lainnya adalah virus tersebut dapat menginfeksi suatu apalikasi atau program. Aplikasi yang sering ditulari oleh virus tersebut di antaranya aplikasi aplikasi Office.

3. Kemampuan untuk Menggandakan diri

Sebuah virus pada umumnya memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya sendiri (istilah kedokterannya clonnning, J) agar virus tersebut tidak mudah dibasmi oleh user.

4. Kemampuan untuk melakukan manipulasi data

Sebuah virus, apabila telah berhasil menginfeksi suatu OS ia akan melakukan perubahan kebiasaan di OS tersebut, mulai dari sekedar memunculkan peringatan, sampai menyebabkan kita tidak bisa masuk ke system lagi.

5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri

Sebuah virus, haruslah memiliki kemampuan ini jika tidak ingin malaikat maut segera menjemput J. Dalam memuluskan aksinya ini, biasanya virus menghilangkan menu Tools>Folder Options pada windows, atau menghilangkan menu show hidden files and folders yang terdapat di menu Tools>Folder Options, bahkan ada juga suatu virus yang mematikan fungsi-fungsi windows seperti Run, Search. Registry Editor, Command Prompt dan tool tool penting lainnya demi menjaga ke eksisitensinya di belantika pervirusan computer L (terlalu…)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kriteria Virus

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^