29 Agustus 2010

Mengenal Virus Komputer


Apa Malware itu :

Malware atau yang bahasa sundanya Malicious Software J adalah sebuah program atau aplikasi yang diciptakan bertujuan untuk mengubah, merusak, dan mencuri data dari seseorang. Targetnya beragam, seperti untuk memata-matai aktivitas orang lain, mencuri informasi penting, dsb

Apa saja jenis-jenis Malware itu, simak di bawah ini, (chek it dot….)

1. Worm

Sering juga disebut cacing computer. Sesuai dengan namanya, worm dapat menyebar dengan cepat di sebuah jaringan computer melalui port (lubang) yang terbuka. Jika worm sudah menggandakan diri, dapat mengakibatkan memori computer habis terpakai, hingga computer menjadi crash/hang.

  1. Virus

Virus adalah sebiah program yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, mamanipulasi data, menginfeksi, serta mengubah dan/atau merusak suatu program yang lain.

  1. Trojan

Trojan atau disebut juga Trojan horse adalah suatu program yang memiliki kemampuan untuk tidak terdeteksi, dan seolah-olah tidak mengubah system suatu windows. Cara Trojan bersembunyi adalah dengan cara membuka port tertentu dan menunggu diaktifkan oleh penyerang.

Jika computer sudah terserang/terinfeksi Trojan, ada beberapa hal yang dapat terjadi, contohnya :

· Menampilkan gambar

· Mematikan computer

· Mengintip program-program yang sedang dijalankan

· Menjalankan suatu aplikasi

· Mengirim dan mengambil file

· Membuka/menutup CD/DVD-ROM

  1. Wabbit

Wabbit adalah program yang punya sifat yang sama dengan worm, tapi, wabbit bekerja secara local dan tidak perlu sebuah koneksi jaringan. Malware ini akan selalu menggandakan diri hingga dapat memenuhi kapasitas hardisk.

  1. Keylogger

Keylogger adalah suatu program yang bertujuan untuk mencatat tiap huruf yang dipencet/ditekan pada keyboard.

  1. Hijackers

Jenis malware ini adalah sebuah program yang dapat mengubah maupun menambah fungsi dari IE (Internet Explorer), jika sudah terinfeksi, maka ketika kita membuka IE, maka kita akan langsung diarahkan ke suatu situs tertentu.

  1. Dialer

Varian malware lainnya adalah Dialer, dialer memiliki kemampuan untuk menyambungkan computer secara langsung keinternet tanpa adanya persetujuan dari user, sasaranya adalah situs situs yang berbau pornografi, ckckckckc L

  1. Spyware

Malware yang kalo bahasa sansekertanya, program mata mata J ini adalah program yang dibuat dengan tujuan untuk memata matai pengguna computer tentang apa yang dialakukannya, kemudian melaporkannya pada sang pembuat.

9. Adware

Adware adalah suatau program yang menampilkan iklan berupa banner atau pop-up pada sebuah computer. Walaupun tidak berbahaya, program ini dapat mengganggu kenyamanan berselancar di dunia maya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Virus Komputer

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^