29 Agustus 2010

Petuah-Petuah Rasulullah saw

Berikut ini adalah beberapa petuah(nasehat) dari Rasulullah Muhammad saw :


  1. Ghibah Dan Adu Domba Menggugurkan Iman
Utsman bin Affan ra. Menuturkan, Rasulullah saw. bersabda, “Ghibah (menggunjing) dan adu domba dapat menggugurkan iman, sebagaimana seorang penggembala memotong pepohonan.” (HR. Thabrani)
  1. Hakikat Kecukupan
Abu Dzar mengemukakan, Muhammad Rasulullah saw. bersabda, “Wahai Abu Dzar, bagaimana pendapatmu tentang harta yang banyak? Apakah itu merupakan kecukupan?” “Benar, ya Rasulullah,” jawab Abu Dzar. “Apakah engkau beranggapan, harta yang sedikit itu suatu kefakiran?” sabda Rasulullah lagi. “Benar, wahai Rasulullah.” Rasulullah bersabda, Sesungguhnya yang dikatakan kecukupan adalah orang yang hatinya merasa cukup, dan orang yang dikatakan fakir, adalah orang yang hatinya selalu rakus.” (HR. Ibnu Hiban).
  1. Cara Menebus Dosa Menggunjing
Anas ra. Menyatakan, Muhammad rasulullah saw. bersabda, “Untuk menebus dosa kamu kepada orang yang kamu gunjing, adalah dengan memohon ampunan kepada Allah SWT untuknya.” (HR. Ibnu Abid Dunya).
  1. Sepuluh Tanda Kiamat
Hudzaifah bin Asid Al Ghifari ra. Menceritakan bahwa nabi saw. menengok kepadanya Dan para sahabat yang sedang berbincang-bincang. “Apakah yang sedang kalian bicarakan?” Tanya beliau. “Kami memperbincangkan mengenai hari kiamat.” Jawab para sahabat. Muhammad Rasulullah saw. bersabda : “Kiamat tidak akan terjadi sebelum terlihat sepuluh macam tandanya :
    1. Ad Dukhoon (asap atau kabut);
    2. Dajjal (Penipu Besar);
    3. Dabbah (Sejenis binatang melata);
    4. Matahari terbit dari barat;
    5. Isa anak Maryam as. turun;
    6. Ya’juj dan Ma’juj;
    7. Gerhana di Timur;
    8. Gerhana di Barat;
    9. Gerhana di jazirah arab. Dan
    10. Api menyala di Yaman menghalau umat manusia ke mahsyar (tempat berkumpul)” (HR. Muslim)
  1. Menjelang Kiamat Terjadi Perang Besar
Abu Hurairah ra. Berkata, Muhammad Rasulullah saw. bersabda: “Belum akan terjadi kiamat sebelum dua golongan (bangsa) besar saling memerangi, Dan korban diantara kedua pihak sangat besar pula. Dan alasan keduanya (untuk berperang) hanya satu”. (HR. Muslim)

  1. Ciri Dajjal ke-1 : Selalu Membawa Air dan Api
Hudzaifah ra. Menyatakan, Muhammad Rasulullah saw. bersabda, “Dajjal selalu membawa air Dan api. Api itu sesungguhnya adalah air yang sejuk, sedang air itu sebenarnya api. Karena itu waspadalah kamu agar tidak celaka. (HR. Muslim).
  1. Ciri Dajjal ke-2 : Memiliki Dua Sungai yang Mengalir
Hudzaifah ra. Mengutarakan, Muhammad Rasulullah saw. bersabda, “Aku lebih tahu tentang Dajjal dibandingkan Dajjal itu sendiri. Dia mempunyai dua sungai mengalir. Yang satu terlihat mata mengalirkan air putih bersih, yang satunya lagi kelihatan bagaikan bara api bergejolak yang sedang mengalir. Siapa yang menemukannya, hendaklah menuju sungai yang kelihatan seperti api menyala, lalu picingkan mata, tundukkan kepala, Dan minumlah airnya. Sebab sesungguhnya itulah air sejuk. Mata Dajjal tertutup oleh selapis daging tebal. Antara kedua matanya ada tulisan ‘kafir’ yang dapat dibaca oleh setiap orang mukmin, baik yang buta huruf maupun yang tidak” . (HR.  Muslim)
  1. Iman akan Lurus, Jika ………
Muhammad Rasulullah saw. bersabda : “Iman seseorang tidak akan lurus sebelum hatinya lurus Dan hatinya tidak akan lurus sebelum lidahnya lurus.” (HR. Ahmad bin Hanbal).

( Penggalan Hadits ini dikutip dari buku : “1001 Petuah Rasulullah saw” yang disusun oleh Bpk. Syamsul Rijal Hamid, Dan diterbitkan oleh “CAHAYA SALAM” pada Maret 2007 )

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Petuah-Petuah Rasulullah saw

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^