29 Agustus 2010

Siklus Hidup Virus


Seperti virus yang ada di kehidupan dunia nyata, virus di dunia computer juga memiliki sebuah siklus hidup.
1. Fase Tidur/Istirahat (Dorman Phase)
Pada fase ini virus tidak akan aktif dan tidak dapat melakukan aktivitas. Virus ini hanya akan aktif jika sikon (Situasi dan Kondisi) memungkinkan. Tapi, tidak semua virus melewati fase ini.
2. Fase Penyebaran (Propagation Phase)
Pada masa ini virus akan mulai menyebarkan/menggandakan dirinya pada media penyimpanan (flashdisk, hardisk, disket<emang masih ada y…. J>, memory card, dll).
3. Fase Aktif (Trigerring Phase)
Pada fase ini virus sudah siap meledak (lebbbayyy….hehehe) eh aktif dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang telah diprogramkan oleh pembuatnya. Biasanya aktifnya virus ini dipicu oleh dua hal. Pertama, pada waktu yang telah diprogramkan pada virus tersebut. Kedua, menunggu dieksekusi oleh user computer. (harap harao cemas deh tuh si pembuat virus J).
4. Fase Eksekusi (Execution Phase)
Inilah fase terakhir dari virus itu, apabila virus tersebut telah berhasil aktif di suatau computer, maka ia akan mulai menjalankan tugasnya sesuai dengan yang telah dirancang oleh si pembuat virus, seperti menampilakan pesan atau menyembunyikan file file, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^

Copyright © 2013 Didit Blog: Siklus Hidup Virus | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah