29 Agustus 2010

Tips Mengamankan Computer dari Virus


Masalah virus memang tidak akan dan tidak akan pernah habis-habisnya. Tiap hari pasti saja ada varian virus yang baru. dan otomatis anti virus kita sudah tidak bisa mengenali virus tersebut, dan apa jadinya? Hokum
Virus tersebut akan menyebabkan beberapa hal, antara lain : disembunyikannya beberapa tools penting yang ada di komputer, menyulap tampilan desktop menjai aneh, menyebabkan harus install ulang sistem operasi Dan yang paling parah adalah pencurian data-data pribadi yang sangat sensitif, seperti : data kartu kreit, akun bank dll. Lalu  kenapa anti virus tersebut tidak bisa mengenali virus tersebut ?. Logikanya begini, sebuah obat baru akan dibuat kalau sudah ada penyakitnya, sama dengan anti virus, penangkalnya baru akan dibuat kalau virusnya udah ada.
        Nah berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah dan mengamankan komputer dari serangan virus :
  1. Ini yang paling utama dan terutama, install anti virus(terserah mau pakai yang gratisan atau berbayar), anti firewall atau tools-tools pengaman lainnya.
  2. Install anti virus saja tiak cukup, lakukanlah update secara rutin agar anti virus kenal dengan virus virus yang baru.
  3. Lakukan scanning secara rutin terhadap komputer sesering mungkin.
  4. Hati-hati membuka media penyimpan data seperti flashdisk, CD data, kartu memori, hard disk eksternal atau media penyimpan data lainnya, lakukanlah scanning terlebih dahulu.
  5. Jika anda membuka e-mail, berhati-hatilah dalam membuka lampiran e-mail, jika alamat e-mail nya tidak jelas abaikan saja. Jika e-mail itu dari teman anda, tanyakan apakah dia memang mengirimkannya atau tidak, jika dia jawab tidak, bisa hampir dipastikan e-mail itu mengandung virus.
  6. Jika anda sedang jalan-jalan ke dunia maya perhatikanlah alamat website yang anda kunjungi.
  7. Jika anda menggunakan fasilitas wifi ditempat umum, perhatikanlah orang-orang disekitar anda, karena pada saat ini, dengan tidak menggunakan program hacker semacam keylogger pun orang dapat mengetahui akun akun kita hanya dengan mengintip saat kita mengetik.
  8. Nah kalau yang terakhir ini, 99,99% dijamin komputer anda tidak akan terkena virus atau semacamnya. Caranya yaitu : jangan pernah colokkan media penyimpanan data seperti flashdisk  dan sebangsanya ke komputer anda, jangan pernah hubungkan ke internet atau jaringan dan Jangan install program apa pun. Kenapa “Cuma” dibilang 99,99% saja ?, karena yang 0,01% itu adalah anda membuat sendiri dan sengaja menularkan virus tersebut ke komputer anda. Tapi, kalau sudah begini, inikah yang namanya berkomputer ?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengamankan Computer dari Virus

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^