09 Oktober 2011

Deskripsi Sistem Informasi OPAC Perpustakaan Wilayah Soeman HS Pekanbaru

Akhirnya setelah di sibukkan dengan berbagai macam kegiatan kampus, akhirnya sekarang bisa nulis di blog lagi nih, hehe...nah pada postingan kali ini, saya akan menulis mengenai salah satu tugas kuliah saya yaitu mata kuliah Basis Data.

Kali ini saya mendapatkan tugas untuk menulis deskripsi mengenai sistem informasi di suatu instansi/organisai/perusahaan. Nah, akhirnya saya memutuskan untuk menulis mengenai Sistem Informasi OPAC Perpustakaan Wilayah Soeman HS yang terdapat di kota saya Pekanbaru....

Langsung aja di simak yah :D


Di Perpustakaan Wilayah Soeman H.S Pekanbaru terdapat sebuah Sistem Informasi, OPAC yang berfungsi untuk mengetahui info sebuah buku yang akan di cari, sehingga pengunjung tidak perlu lagi mencari satu persatu di rak rak buku yang ada. OPAC yang berbasis intranet ini berjalan di Sistem Operasi Linux dengan Distro Ubuntu 11.04 dengan dukungan Browser Mozilla Firefox.

Tampilan Antar Muka (Interface)
Pada saat di buka pertama kali, kita akan di suguhi tampilan menu dan form yang cukup sederhana, yaitu : Kata Kunci, pada kolom ini kita bias mengetikkan judul buku apa yang akan kita cari. Setelah itu ada sebuah menu dropdown untuk menentukan Ruas Pencarian, menu dropdownnya berisi : Judul, yang berarti kita akan mencari buku berdasarkan judulnya. Nomor Panggil, Pencarian buku berdasarkan nomor seri buku yang ada di perpustakaan. Penerbit, Pencarian buku berdasarkan penerbit dari buku tersebut.

Selain itu Ruas Pencarian juga dapat mencari buku berdasarkan Pengarangnya, Jika kita tidak yakin dengan apa yang kita cari, kita dapat menggunakan opsi Sembarang Subjek.

Di bawah menu dropdown Ruas Pencarian, terdapat lagi menu dropdown Jenis Koleksi. Pada menu ini pencarian dapat dilakukan berdasarkan Authority tag, Bahan Kartografi, Berkas Komputer, Buku, Buku(tes), Manuskrip, Rekaman Suara, Rekaman Video dan Film, serta Serial.

Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih optimal, terdapat lagi fitur filter. Filter ini berisi : Filter bahasa dan Tempat Terbit. Pada Filter bahasa berisi bahasa antara lain, Arab, Belanda, Cina Indonesia, Inggris. Sedangkan Tempat terbit berisi antara lain, Australia, Austria, Belanda, Indonesia.

Jika Semua kata kunci dan opsi pencarian sedah di tentukan, kita dapat mulai mencari buku yang di maksud dengan mengklik tombol Cari. Jika ada kesalahan dalam pengisian Kata kunci atau penentuan opsi pencarian, dan ingin kembali ke awal kita dapat mengklik tombol Reset

Tampilan Tabel Hasil Pencarian
Setelah pencarian berhasil dilakukan, maka pada halaman berikutnya akan muncul sebuah table dengan dua buah kolom. Kolom pertama berisi informasi mengenai Jumlah buku yang tersedia di perpustakaan. Sedangkan, kolom kedua berisi item hasil pencarian (berdasarkan ruas pencarian). Setelah list bukunya muncul, klik salah satu judul yang diinginkan untuk melihat/mengetahui informasi tentang buku tersebut.

Setelah judul yang diinginkan diklikm maka akan muncul 2 tabel yang berisi katalog dan Dok, yang masing masing memuat informasi mengenai buku yang kita cari.

Katalog
Pada tabel katalog berisi informasi tentang buku tersebut, yang antara lain : Jenis koleksi, Nomor panggil(nomor seri buku di perpustakaan), ISBN, Pengarang, Judul, Subyek, Terbitan, Informasi material(berisi informasi mengenai jumlah halaman, dan dimensi buku), Seri, Anotasi, serta Berkas.

Dok
Sepertinya halnya pada katalog, Dok juga memuat beberapa informasi tentang buku yang akan di cari. Informasi tersebut antara lain : Pengarang, Judul, Terbitan, Material, Seri, Keluar (buku yang sedang dipinjam), Tersedia (jumlah/stok buku yang tersedia di perpustakaan, Sedang ditahan, Dalam Cadangan (buku buku cadangan), Dipesan, Lain-Lain, No. Panggil, Lokasi (Posisi di mana buku tersebut berada), Copy (jumlah salian buku), Status (available/not-available), Nomor item dan terakhir Anotasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Deskripsi Sistem Informasi OPAC Perpustakaan Wilayah Soeman HS Pekanbaru

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^