01 Desember 2011

Cara Mengatasi Kerusakan Pada File Rundll32.exe

Mungkin diantara kita pernah bermasalah dengan file rundll32.exe yang hilang atau rusak dari komputer kita. Dan jalan terakhir yang kita lakuakn adalah dengan cara menginstal ulang komputer kita. Eitss...tapi tunggu dulu, jangan terburu buru untuk melakukan instal ulang, cobalah tips di bawah ini terlebih dahulu sebelum melakuakan instal ulang.

Tapi sebelumnya, ada baiknya kita mengetahi terlebih dahulu apa itu rundll32.exe. Proses rundll32.exe adalah bagian dari OS Windows yang bertanggung jawab untuk menjalankan DLL dan menempatkan libraries dalam memori. Proses rundll32.exe dikenal sebagai program utilitas command line, dan melakukan fungsinya terintegrasi bersama dengan file rundll.exe. Rundll32.exe bekerja dengan menerapkan suatu fungsi yang diekspor dari modul DLL yang spesifik yaitu 16 bit atau 32 bit. Proses rundll32.exe adalah pengembangan dari Run DLL. 

Error pada Rundll32.exe biasanya terjadi dalam menanggapi ketidak mampuan Windows untuk mengakses aplikasi, program atau file sebagai hasil dari sebuah file (Dynamic Link Library) yang rusak atau hilang atau sebagai respons terhadap adanya virus rundll32.exe yang dirancang untuk terlihat seperti sebuah proses Windows yang normal. Penyebab yang lain dari kerusakan rundll32 adalah karena proses install dan uninstall yang tidak sempurna sehingga menyebabkan system jadi crash. 

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk memperbaiki kerusakan ini;
  1. Cara otomatis dengan software. Cara mudah untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan sebuah software tool registry
  2. Dengan cara manual, yaitu dengan mengerjakan beberapa langkah-langkah perbaikan.
  3. Jika sudah sangat buntu, jalan terakhir adalah install repair atau install total.
How to Fix the “Windows Cannot Find C:WindowsRundll32.exe” Error

  1. Kadang-kadang ketika file rundll32.exe hilang, corrupted atau terinfeksi virus, anda mungkin mendapatkan pesan seperti ini: “Windows cannot find C:WindowsRundll32.exe. Make sure you typed the name correctly and try again”.
  2. Pertama-tama, scan komputer Anda dengan program antivirus yang handal untuk menyingkirkan setiap infeksi virus yang mungkin ditemukan. Namun, jika sebuah file rundll32.exe hilang atau rusak yang menyebabkan masalah, coba dulu mencari file rundll32.exe di folder C:Windows\system32\dllcache. Jika masih ada di sana, silakan copy dan pindahkan ke lokasi C:Windows\system32.
  3. Jika dalam folder dllcache juga tidak ada, silakan cari di C:Windows\ServicePackFiles\i386 dan copy ke tempat yang di maksud diatas.
Jika 3 langkah diatas masih gagal, lakukan proses berikut ini;

  1. Masukkan disk installer Windows kedalam CD/DVD ROM drive.
  2. Klik [Start] dan pilih [Run…].
  3. Ketik; [expand f:i386rundll32.ex_ c:windowssystem32rundll32.exe] dalam box Run tadi lalu tekan [Enter] maka proses peng-copy-an akan berjalan. Catatan F adalah drive cd/dvd room anda
  4. Setelah proses 3 diatas selesai, reboot computer anda dan tes hasilnya.
  5. Proses selesai dan the problem should be solved.
Catatan:

  1. Adakalanya ketika file rundll32.exe terinfeksi virus, justru computer tidak mau shutdown. Cara mengatasinya adalah delete dulu file rundll32 yang terinfeksi virus lalu copy kembali dari cd installer.
  2. Seharusnya setelah cara kedua diatas selesai, maka masalah akan hilang. Tetapi jika karena sesuatu hal tidak juga selesai, maka jalan berikut yang bisa ditempuh adalah install repair atau instalasi total system operasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Kerusakan Pada File Rundll32.exe

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^