16 Agustus 2012

Dirgahayu Republik Indonesia ke 67, Aku Bisa, Kamu Bisa, Kita Bisa, Indonesia Bisa

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Itulah potongan lirik lagu Hari Merdeka karya H.Mutahar yang menjadi hits di tanggal 17 agustus tiap tahunnya. Ya, sebuah lagu yang sarat dengan makna perjuangan bangsa Indonesia agar bisa terbebas dari penjajahan selama lebih dari 3,5 abad.

Dan perjuangan itu pun menunjukkan hasilnya 67 tahun lalu tepatnya tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya ke seluruh dunia. Walaupun hanya dengan upacara yang sederhana, tapi hal itu tak mengurangi khidmatnya upacara kemerdekaan Indonesia saat itu.

Kini sudah 67 tahun Indonesia merdeka, apakah hal masalah selesai sampai di situ ? Belum !!!. Kemerdekaan yang hakiki masih belum bisa dirasakan semua lapisan masyarakat. Iya apa Iya ? Contoh sederhana, belum semua warga Indonesia yang bisa mencicipi pendidikan yang layak layak di sekolah sekolah. Alasannya klasik, Mulai dari kekurangan biaya, kekurangan tenaga guru sampai gedung sekolah yang tidak layak pakai lagi karena keadaannya sudah rusak parah.

Tidak hanya pendidikan, kesehatan pun juga mengalami hal serupa, warga yang kurang mampu sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Bahkan di media massa dan elektronik sering diberitakan warga tidak mampu ditolak berobat ke Rumah Sakit karena tidak memiliki biaya. hmmm...sungguh mengiris rasanya.

Masih banyak lagi persoalan yang membuat kemerdekaan itu menjadi kurang greget lagi. Lalu bisakah kita merubahnya ? jawabnya BISA, bagaimana ? ingatlah firman Allah dalam QS. Ar-Ra'du (13):11 : Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya. Apa yang harus kita ubah ? Hmmm...menurut saya, yang pertama kali itu harus di ubah pertama kali adalah diri kita sendiri, karena mustahil kita bisa merubah orang lain jika kita sendiri masih belum bisa berubah menjadi lebih baik.

Seperti katanya AA Gym : "Mulai dari hal yang kecil, Mulai dari diri sendiri, dan Mulai saat ini". Jika kita bisa melakukan ketiga hal tersebut Insya Allah cepat atau lambat hal itu akan memberikan perubahan. Yakinlah kita Bisa melakukannya.

Akhir kata saya ucapkan : Dirgahayu Republik Indonesia ke 67, Aku Bisa, Kamu Bisa, Kita Bisa, Indonesia Bisa. Sekali Merdeka tetap Merdeka !!!.

SALAM PERDJOEANGAN

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dirgahayu Republik Indonesia ke 67, Aku Bisa, Kamu Bisa, Kita Bisa, Indonesia Bisa

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^