04 November 2012

Mahasiswa "Kuda" itu Keren

Mahasiswa "Kuda" itu Keren - Sebagian sobat yang membaca judul postingan saya kali ini akan mengeryitkan dahinya, kok mahasiswa di bilang kuda ? Eits, tunggu dulu. Mahasiswa Kuda itu hanyalah sebuah istilah saja kok, artinya Mahasiswa KUliah DAgang. Maksudnya ? Yups, benar sekali, maksudnya adalah mahasiswa yang selama kuliah memiliki bisnis/usaha sendiri, sehingga selama kuliah ia bisa mencari uang jajan sendiri dan bahkan membiayai kuliahnya sendiri.

Alhamdulillaj, Saya sendiri pun saat ini juga termasuk kategori mahasiswa kuda tersebut, bisnis saya yaitu : berjualan madu hutan asli secara online hasil dari UKM yang ada di provinsi saya, Riau. jadi secara tidak langsung alhmadulillah saya bisa membantu para petani petani madu tersebut untuk memasarkan produk produk mereka yang selama ini masalah pemasaran keluar daerah merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh para penggiat UKM. Harapan saya semoga penjualan madu yang saya lakukan bisa berkembang lebih baik sehingga bisa membantu lebih banyak petani petani madu tersebut, amiin.

Berbicara tentang dagang tiba tiba saya teringat dengan salah satu hadits yang berbunyi : "9 dari 10 pintu rezeki itu adalah melalui perdagangan" Nah lho, kalau kita ingin jadi kaya maka jadilah seorang pengusaha. Banyak lho pengusaha muda Indonesia yang telah memberikan kontribusi dan inspirasi bagi orang banyak, sebut saja Ipho Santosa melalui TK Khalifah, Kaos Rock Theory dan beberapa bisnis lainnya, Reza Nurhilman melalui keripik pedas maicih, Hendy Setiono melalui usaha kebab baba rafinya. Para pengusaha tersebut adalah pengusaha muda yang memiliki omzet hingga 9 digit tiap bulannya dan telah banyak mempekerjakan ribuan orang yang tidak memiliki pekerjaan, keren kan ?

Indonesia sendiri masih kekurangan jumlah pengusaha. Bapak Dahlan Iskan, Menteri BUMN Indonesia mengatakan bahwa "jumlah pengusaha di Indonesia saat ini masih 0,8 % dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini, jauh dari jumlah ideal sebanyak 2%, jika jumlah 2% itu sudah tercapai maka Indonesia akan bisa menjadi maju" (sumber)

Saya sangat setuju dengan pernyataan bapak Dahlan Iskan tersebut, kenapa ? karena dengan menjadi pengusaha akan bisa membuka banyak lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga tenaga kerja baru, sehingga bisa menekan angka pengangguran dengan angka kemiskinan dan jika kedua hal tersebut berhasil ditekan maka tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat, jika hal ini terjadi maka Indonesia bisa menjadi maju. Oleh karena itu yuk, sama sama kita tumbuhkan mindset di dalam diri kita masing masing untuk menjadi seorang pengusaha agar bisa membawa Indonesia ini menjadi lebih maju lagi, Siaap ?

Dalam rangka menularkan semangat jiwa pengusaha muda ini, saya bersama sama teman saya juga sudah memulainya. Kami memulainya dari Study Club di kampus yang kami bentuk setahun lalu, yaitu Blogger dan Bisinis Online, di study club ini kami sharing sharing mengenai ilmu blogging dan tentang bisnis online. Untuk bisnis online kami fokus bagaimana cara mencari atau menjual sebuah produk atau jasa yang baik dan layak untuk dipasarkan sehingga bisa mendapatkan pemasukan yang besar. Harapan kami melalui study club yang kami bina ini bisa memunculkan semangat kewirausahawan dan mental pengusaha sejak dini dan kelak mereka bisa menjadi seorang pengusaha sukses yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih maju lagi, Aamiin ya Allah.

Jujur sebelum masuk kuliah saya hanya bercita cita ingin menjadi seorang pegawai saja, tidak ada terlintas di pikiran saya sedikitpun untuk menjadi seorang pengusaha. Tapi, setelah memasuki perkuliahan saya mulai tertarik dengan dunia wirausaha dari senior senior dikampus. Mereka sudah bisa menghasilkan jutaan rupiah/bulannya dari usaha mereka di dunia maya. Saya pun berpikir, "Wow, bisakah saya seperti mereka ? " Maka mulailah saya belajar tentang apa itu bisnis online dan Alhamdulillah sayapun juga sudah bisa memetik hasilnya dengan lapak perdana saya "jasa pembuatan akun google adsense dan pembuatan blog" dan alhamdulillah juga lebaran idul fitri lalu saya bisa memberikan sedikit uang kepada orang tua untuk keperluan lebaran, sungguh saya merasa bahagia sekali pada saat itu.

Dalam hal memepelajari dunia bisnis ini saya tidak kenal menyerah karena saya selalu teringat akan quote berikut  : "setiap orang itu punya jatah kegagalan dan keberhasilannya masing masing, oleh karena itu habiskanlah jatah kegagalan itu di masa muda dengan melakukan hal hal yang bermanfaat, jangan menyerah jika gagal, karena jika kita gigih memperjuangkannya maka kelak nasiblah yang akan menyerah pada kita dan kitapun akan menjadi seorang yang sukses dan berhasil".

Saya hanya berharap semoga cita cita saya menjadi seorang pengusaha yang besar dan sukses yang bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak warga Indonesia yang masih menjadi pengangguran bisa terkabul, dan apa yang saya lakukan melalui study club yang saya bina bisa menumbuhkan bakat bakat wirausaha dari para anggotanya dan mereka kelak juga bisa menjadi pengusaha pengusaha yang sukses, Aamiin ya rabb !!!.

Salam Aksi Indonesiaku : http://www.lintas.me

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mahasiswa "Kuda" itu Keren

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^