31 Januari 2013

Makanan Khas Provinsi Kepulauan Riau

Makanan Khas Provinsi Kepulauan Riau - Walaupun Kepulauan Riau masih terhitung provinsi baru di Indonesia. namun untuk soal makanan khas tidak perlu ditanya lagi. Kepri memiliki berbagai jenis makanan khas yang pastinya dapat memanjakan lidah kita.

1. Sup Ikan Batam


















Letak geografis kota Batam yang berada di pesisir pantai membuat Batam memiliki kekhasan dalam berbagai makanan hasil laut. Salah satu yang cukup terkenal adalah sup ikan tenggiri khas kota Batam, atau yang populer dengan nama Sup Ikan Batam. Sup Ikan Batam ini dihidangkan dengan potongan ikan tenggiri yang sebelumnya telah dipisahkan dari tulang-tulangnya. Potongan ikan ini dilumuri dengan putih telur untuk menghilangkan bau amis, kemudian dimasak bersama bumbu rempah-rempah dan dicampur dengan belimbing wuluh dan tomat hijau. Potongan sawi putih ataupun hijau juga turut dimasukkan ke dalam sup ini, untuk semakin mempercantik tampilan dari Sup Ikan Batam ini.

2. Epok-Epok 













Epok-Epok adalah makanan yang mirip dengan pastel yang sering kita temukan di berbagai daerah. Namun yang membedakannya adalah, Epok-Epok biasanya diisi dengan sambal kental ataupun mie siam.

3. Mie Lendir















Mendengar nama kuliner satu ini yang agak nyeleneh membuat kita berpikir ulang untuk memakannya. Namun, jangan salah kaprah dulu. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang direbus bersama kecambah (taoge), dan dimakan bersama sebutir telur rebus yang dibelah dua. Mie ini kemudian disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang kental inilah yang membuat makanan ini diberi nama Mie Lendir.  Mie Lendir biasanya dijual di pagi hari, sehingga tak salah jika masyarakat Kepulauan Riau menjadikan mie ini sebagai salah satu menu sarapan mereka. Mie Lendir yang masih panas, sangat enak untuk disantap di pagi hari, ataupun ketika cuaca sedang dingin.

4. Otak-Otak















Otak-otak dibuat dari ikan yang diambil dagingnya, dihaluskan dan dibumbui. Selanjutnya daging ikan tersebut dimasukkan lagi kedalam kulit ikan yang kemudian direbus atau dipanggang dalam balutan daun pisang. Makanan ini dapat dimakan tersendiri atau ditemani dengan saus asam pedas. Kadang-kadang dimakan untuk menemani nasi.

Nah sobat demikian tulisan saya tentang Makanan Khas Provinsi Riau Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang khazanah tanah air kita tercinta, Indonesia. Jangan lupa untuk follow twitter paling indonesia di @kilasindonesia yah. Dapatkan berbagai tweet tweet seputar Indonesia dan tips tips lainnya.

2 komentar:

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^

Copyright © 2013 Didit Blog: Makanan Khas Provinsi Kepulauan Riau | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah