30 Januari 2013

Makanan Khas Provinsi Sumatera Utara

Makanan Khas Provinsi Sumatera Utara - Masih ngomongin tentang kuliner Indonesia. kali ini saya akan menulis tentang Makanan Khas Provinsi Sumatera Utara. Apa sajakah makanan khas nya ? Yuk simak tulisan di bawah ini.

1. Bika Ambon












Siapa yang tidak kenal dengan panganan khas satu ini. Bika Ambon terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan. panganan ini umumnya dijual dengan rasa pandan. Namun, kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas. Walaupun namanya mengandung kata "ambon", bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah merupakan kawasan penjualan bika ambon yang paling terkenal. Di daerah ini terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini. Bika Ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.

2. Pok Pia













Pok pia merupakan sejenis kue tipis dari tepung terigu yang digoreng. Bentuk pok pia berbeda-beda di masing-masing daerah. Pok pia biasanya berasa manis, namun juga ada yang berasa asin sesuai dengan cara mencicipi.

3. Arsik













Arsik merupakan salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya. Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.

Nah sobat demikian tulisan saya tentang Makanan Khas Provinsi Sumatera Utara.  Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang khazanah tanah air kita tercinta, Indonesia. Jangan lupa untuk follow twitter paling indonesia di @kilasindonesia yah. Dapatkan berbagai tweet tweet seputar Indonesia dan tips tips lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^

Copyright © 2013 Didit Blog: Makanan Khas Provinsi Sumatera Utara | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah